• Meta

  • Arsip

  • Oktober 2016
    M S S R K J S
    « Jan    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

Pertentangan Kosmik

​Pelajaran Sekolah Sabat

Senin 3 Oktober 2016

 

“Kitab Ayub diawali di bumi, di tempat yang damai dan tenang. Namun pada ayat keenam di pasal pertama, tempatnya berubah. Tiba-tiba beralih ke aspek realitas yang sangat berbeda, yang tak dapat dilihat manusia kecuali melalui wahyu ilahi. Dan cukup menarik, aspek realitas yang lain ini, surga, tampaknya tidak setenang dan damai seperti yang di bumi, setidaknya dalam  apa yang pertama kali di sajikan di sini.

Bacalah Ayub 1:6-12. Meskipun kita akan pelajari ayat-ayat ini dengan lebih rinci nanti dalam triwulan ini, apa yang sedang terjadi di sini? Bagaimanakah itu berlawanan dengan apa yang baru saja kita lihat terjadi pada Ayub di bumi?

Ada banyak hal yang perlu diselidiki di dalam beberapa ayat ini. Ayat-ayat ini mengungkapkan aspek alam semesta kita yang mana semua  teleskop ruang angkasa kita tidak sanggup mendeteksinya dan bahkan ilmu pengetahuan manusia pun belum mampu untuk memahaminya. Walaupun begitu, apa yang menarik, adalah bahwa ayat-ayat itu juga mengungkapkan adanya pertentangan kosmik. Bukanlah suatu percakapan yang sejuk, damai, dan tenang yang kita temukan di sini. Allah berbicara tentang Ayub dengan (menggunakan ide manusia), merasa bangga, seperti seorang ayah merasa bangga akan anak-anaknya.  Setan, sebaliknya, mengolok-olok apa yang Allah katakan tentang Ayub. “Lalu jawab Iblis kepada Tuhan: ‘Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah?” (Ayub 1 :9). Bisa terdengar sebagai sindiran kasar, bernada mengolok dalam kata-kata Setan kepada Allah.

Walaupun ayat-ayat itu tidak secara gamblang mengatakan bahwa percakapan ini terjadi di surga, pastilah ini terjadi di situ. Jadi anda dapati makhluk ciptaan Allah ini, malaikat, berdiri di hadapan Allah di surga, dan menantang Dia di wajah-Nya, di depan “Anak-anak Allah” lainnya. Sulit dibayangkan seseorang berbicara kepada pemimpin  duniawi seperti itu. Tetapi di sini kita temui seorang makhluk ciptaan melakukan hal itu terhadap Allah sendiri. Bagaiamana hal itu dapat terjadi?

Jawabannya terdapat  dalam satu tema yang muncul dalam berbagai tempat dalam cara berbeda di seluruh Alkitab. Itu di sebut pertentangan besar, dan menyediakan suatu panggung yang kuat, membantu kita mengerti bukan hanya kitab Ayub, tetapi juga keseluruhan alkitab dan penjelasannya terhadap keseluruhan kisah dosa dan penderitaan di atas bumi. Bahkan lebih penting lagi, ia membantu kita mengerti apa saja yang dicapai Yesus bagi kita di atas salib demi mengatasi masalah dosa dan penderitaan di atas bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: