• Meta

  • Arsip

  • Januari 2016
    M S S R K J S
    « Apr   Okt »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  

RUT

pemberontakan telah mengubah tanah yang dialiri dengan susu dan madu itu menjadi padang tandus berdebu, tetapi dalam kitab Rut, Allah “melawat” negeri itu dan memulihkan kehidupan ke dalamnya, “memberi mereka roti” lagi (RUT.1:6).

Tidaklah mengherankan bahwa tanah Yehuda menderita kelaparan selama zaman para hakim memerintah (RUT.1:1;UL.28:48UL.32:24, lihat jugaHAK.17:6HAK.21:25). Ini adalah tanda bahwa umat perjanjian telah meninggalkan Tuhan. Dosa dan pemberontakan telah mengubah tanah yang dialiri dengan susu dan madu itu menjadi padang tandus berdebu, tetapi dalam kitab Rut, Allah “melawat” negeri itu dan memulihkan kehidupan ke dalamnya, “memberi mereka roti” lagi (RUT.1:6).

Ketika Elimelekh, istrinya Naomi, dan dua anak-anak muda mereka pertama kali pergi ke Moab, mereka melakukannya karena mereka menginginkan masa depan. Negeri musuh memberikan pertolongan sementara, tetapi karena suami dan dua anaknya mati, Naomi akhirnya memutuskan untuk kembali pulang.

Catatan
Rut berasal dari negara musuh yang dalam banyak kesempatan telah berusaha untuk menghancurkan Israel, tetapi dia memilih untuk menggabungkan diri dengan umat Allah dan menyembah Allah mereka. Selain itu, ia mendapat kasih karunia di tanah air barunya, bukan hanya oleh Boaz (RUT.2:10), tetapi juga oleh orang-orang yang mengenal dia (RUT.2:11). Boaz yakin bahwa dia juga mendapat kasih karunia di mata Tuhan (RUT.2:12), dan ia menyatakan kekaguman kepadanya selangkah lebih maju, ia setuju untuk menikahinya (RUT.3:10,11).

Namun, ada kerabat yang lebih dekat daripada Boaz yang memiliki hak pertama menebus tanah orang mati itu jika ia menikahi Rut. Namun kerabat dekat itu, tidak tertarik dengan istri lain, karena itu akan mempersulit rencana keuangannya (RUT.4:6). Pada titik ini perkumpulan orang-orang yang menjadi saksi itu memberkati Rut, menyamakannya dengan perempuan hebat dalam sejarah Israel (RUT.4:11,12), yang digenapi ketika dia menjadi nenek moyang Mesias (RUT.4:13,17MAT.1:5,6).

Bicarakan tentang kisah hidup bahagia selamanya. Sayangnya, tidak terlalu banyak dari mereka yang ada dalam Alkitab. Tentu saja, tidak terlalu banyak dari mereka yang ada dalam kehidupan nyata. Namun, di sini juga kita dapat melihat bagaimana kehendak Tuhan pada akhirnya akan berlaku meskipun ada pasang surut kehidupan; dan itulah kabar baik bagi semua orang yang mengasihi dan memercayai-Nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: