• Meta

  • Arsip

  • April 2015
    M S S R K J S
    « Mar   Jan »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  

HARGA MENGIKUT YESUS (SS: 23 APRIL 2015)

Sokrates memiliki Plato. Gamaliel memiliki Saulus. Para pemimpin dari berbagai agama memiliki pengikut-pengikut setia mereka. Perbedaan antara pemuridan mereka dan pemuridan Yesus adalah pemuridan mereka didasarkan pada isi filsafat manusia, sedangkan pemuridan Yesus berakar pada diri dan prestasi Yesus sendiri. Dengan demikian, pemuridan Kristen bertumpu bukan hanya pada ajaran-ajaran Yesus tetapi juga pada apa yang telah Dia lakukan demi keselamatan manusia. Oleh karena itu Yesus perintahkan semua pengikut-Nya untuk sepenuhnya menghubungkan diri mereka dengan-Nya, memikul salib mereka. dan mengikut pimpinan-Nya. Bila tidak ada yang berjalan mengikuti jejak kaki Golgota, tidaklah ada pemuridan Kristiani.

Bacalah Lukas 9:23-25: Matius l6:24-28; Markus 8:34-36. Apakah pekabaran penting dalam ayat-ayat ini bagi siapa saja yang mengaku sebagai seorang Kristen?

Pemuridan Kristiani adalah suatu hubungan penting antara yang diselamatkan dengan Juruselamat: sebagai orang yang diselamatkan. kita harus mengikuti Juruselamat. Itu sebabnya Paulus berkata, “Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.” (Gal. 2:20. NIV).

Harga mengikut Yesus didefinisikan dalam Lukas 9:23: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.” (Lukas 9:23). Perhatikanlah kata-kata kunci: “menyangkal,” “memikul,” dan “mengikut.” Bila kita membaca kisah Petrus menyangkal Yesus; kita mendapatkan definisi “menyangkal” yang terbaik. Petrus katakan, “Aku tidak kenal Yesus.“ Jadi, ketika panggilan kepada pemuridan menuntut saya menyangkal diri, saya harus dapat berkata aku tidak kenal diriku; diriku telah mati. Gantinya, Kristus yang hidup di dalam aku (Gal. 2:20). Kedua, memikul salib setiap hari adalah suatu panggilan untuk mengalami penyaliban diri secara terus-menerus. Ketiga, mengikut menuntut bahwa fokus dan arah kehidupan adalah Kristus dan hanya Dia saja.

Yesus memperjelas harga pemuridan lebih jauh lagi, sebagaimana dinyatakan dalam Lukas 9:57-62: tidak ada yang lebih diutamakan daripada Yesus. Dia, dan Dia saja, yang paling utama dalam persahabatan dan persekutuan, pekerjaan dan ibadah. Di dalam pemuridan Kristiani, mati terhadap diri sendiri bukan suatu pilihan; itu adalah suatu keharusan. “Ketika Kristus memanggil seseorang, Dia perintahkan kepadanya datang dan mati…. Kematian yang sama setiap waktu kematian di dalam Yesus Kristus, kematian atas tuntutan manusia lama…. Hanya orang yang mati terhadap kehendak dirinya sendiri dapat mengikut Yesus.“ Dietrich Bonhoeffer. The Cost of Discipleship (New York: The Macmillan Co. 1965), hlm. 99.

Apakah yang menjadi harga mengikut Yesus bagi Anda? Pikirkan baik-baik jawaban Anda dan implikasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: