• Meta

  • Arsip

  • April 2015
    M S S R K J S
    « Mar   Jan »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  

Pendalaman (SS: 3 APRIL 2015)

“Lukas selaku penulis Injil yang namanya tertera di sana adalah seorang pelayan kesehatan. Dalam Kitab Suci dia disebut ‘Tabib Lukas yang kekasih.’ Rasul Paulus mendengar tentang keterampilannya sebagai seorang dokter, dan mencari dia sebagai seorang yang kepadanya telah dipercayakan Tuhan satu pekerjaan khusus. Dia mendapatkan kerjasamanya, dan sewaktu-waktu Lukas menemaninya dalam perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Setelah itu Paulus meninggalkan Lukas di Filipi. Makedonia. Di sini dia meneruskan pekerjaan untuk beberapa tahun lamanya sebagai seorang dokter dan guru agama. Dalam pekerjaannya selaku dokter, dia melayani orang sakit, lalu dia berdoa agar kuasa Allah menyembuhkan orang-orang yang dirundung malang. Demikianlah terbuka jalan untuk pekabaran keselamatan. Kesuksesan Lukas selaku dokter membuka kesempatan baginya untuk memberitakan Yesus di antara orang kafir.” Ellen G. White. Membina Keluarga Sehat. hlm. 120.

Pertanyaan-pertanyaan untuk Didiskusikan:

1. Jika Lukas dalam menulis Injilnya mempertimbangkan bahan-bahan yang telah diterbitkan sebelumnya, bagaimanakah kita memahami ilham Kitab Suci (2 Tim. 3:16)? Bagaimanakah cara kerja ilham? Lihat Ellen G. White, “The Inspiration of the Prophetic Writers,”SelectedMessages, buku 1,hlm. 15-23.

2. Kelahiran dari seorang perawan adalah perbuatan Allah, ditandai dengan rahasia, keagungan, dan misi-Nya. Ini benar-benar di luar pemahaman manusia juga. Tetapi pertanyaannya adalah “Lalu bagaimana?” Berapa banyak hal sekular terjadi di luar pemahaman manusia juga? Jika Tuhan itu ada, dan Dia memiliki kuasa untuk menciptakan dan mempertahankan alam semesta, mengapa sesuatu seperti kelahiran dari seorang perawan harus terjadi di luar kuasa-Nya? Hanya mereka yang pandangannya terbatas pada hukum-hukum alam saja (setidaknya yang sekarang kita mengerti) secara teori, dapat menolak gagasan kelahiran dari seorang perawan. Sebaliknya, mereka yang menggabungkan pandangan supranatural, teorinya, tidak punya alasan untuk menolaknya. Bagaimanapun, perhatikanlah apa yang dikatakan malaikat itu kepada Maria setelah memberikan kepadanya berita yang luar biasa itu: “Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil” (Lukas 1:37).

3. Seorang pewawancara TV Amerika dilaporkan telah mengatakan bahwa jika ia memiliki kesempatan, orang yang ia paling ingin wawancarai adalah Yesus, dan dia akan bertanya kepada-Nya hanya satu pertanyaan: “Apakah Anda betul-betul lahir dari seorang perawan?” Kenapa pertanyaan itu, dan jawaban untuk pertanyaan itu, begitu penting?

Download Pelajaran SS 1: Sekolah Sabat Power Point

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: