• Meta

  • Arsip

  • April 2015
    M S S R K J S
    « Mar   Jan »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  

SAKSI- SAKSI BAGI JURUSELAMAT (SS: 2 APRIL 2015)

Walaupun menulis terutama kepada orang bukan Yahudi, Lukas menyadari pentingnya warisan Yahudi melalui Perjanjian Lama. Dia dengan berhati-hati menghubungkan cerita Perjanjian Baru dengan yang Lama dan memberikan kejadian yang indah dari Maria dan Yusuf menyunat Bayi Yesus pada hari kedelapan dan membawa-Nya ke bait suci di Yerusalem, semuanya sesuai deiman hukum Yahudi (Lukas 2:22-24).

Bacalah Lukas 2:25-32. Perhatikan tiga hal yang dikedepankan Simeon tentang teologi keselamatan: Keselamatan adalah melalui Yesus, keselamatan disiapkan oleh Allah, keselamatan adalah untuk semua orang untuk orang non-Yahudi serta orang Israel. Bagaimanakah kebenaran ini dikaitkan dengan pekabaran malaikat pertama Wahyu 14:6,7?

Nubuat Simeon juga meramalkan dua keistimewaan besar dari pelayanan Yesus.

Pertama, Kristus “ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel” (Lukas 2:34). Benar, Kristus telah membawa terang dan keselamatan bagi semua orang, tetapi bukan tanpa pengorbanan bagi si penerima. Dengan Kristus tidak ada daerah netral: menerima Dia atau menolak Dia, dan pada respons yang tepat keselamatan seseorang bergantung. Kristus menuntut eksklusifisme, kita tinggal di dalam Dia atau tidak. Mereka yang tinggal di dalam Dia akan bangkit dan menjadi bagian dari kerajaan-Nya, mereka yang menolak Dia atau tetap acuh tak acuh terhadap-Nya akan jatuh tergeletak dan binasa tanpa harapan. Iman kepada Kristus tidak ada tawar menawar.

Kedua, Simeon bernubuat kepada Maria, “pedang akan menembus jiwamu sendiri” (Lukas 2:35). Tidak diragukan rujukannya adalah ke penyaliban yang akan Maria saksikan. Maria dan semua generasi sesudahnya harus ingat bahwa tanpa penyaliban, tidak ada keselamatan. Salib adalah pusat di mana semua rencana keselamatan berfokus.

Keselamatan adalah karunia bahwa kita tidak melakukan apa pun untuk mendapatkannya. Namun, bisa menjadi sangat mahal bagi mereka yang mengklaimnya untuk diri mereka sendiri. Apakah pengorbanan Anda mengikuti Kristus, dan mengapa berkorban, apa pun itu, apakah cukup murah?

Satu Tanggapan

  1. […] SAKSI- SAKSI BAGI JURUSELAMAT (SS: 2 APRIL 2015). […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: