• Meta

  • Arsip

  • Februari 2012
    M S S R K J S
    « Jan   Mar »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    26272829  

KRISTUS SEBAGAI GURU

Penebus dunia itu berkeliling melakukan kebajikan. Apabila dihadapan orang banyak, menyampaikan kepada mereka kata-kata kebenaran kekal, dengan kesungguh-sungguhan yang penuh arti Ia memperhatikan raut muka para pendengar-Nya yang berubah! Wajah yang menunjukkan perhatian mendalam dan kesenangan sementara mereka mendengarkan perkataan-Nya, memberi-Nya kepuasan besar. Dan bilamana kebenaran, yang diucapkan dengan jelas, menyentuh suatu dosa atau berhala yang dipelihara, Ia memaklumi perubahan raut muka, yang dingin, keras, kelihatan tidak setuju, yang memberitahukan bahwa kebenaran tidak diterima. Yesus mengetahui bahwa teguran yang atas, terhadap dosa adalah perkara penting yang diperlakukan para pendengar-Nya; dan terang yang dipancarkan-Nya ke dalam ruangan pikiran mereka yang gelap akan menjadi berkat terbesar bagi mereka, sekiranya mereka menerimanya.

Apabila anak panah kebenaran menembus hati para pendengar Kristus, menghancurkan tembok rintangan memntingkan diri dan menghasilkan kerendahan hati, penyesalan akan dosa, dan akhirnya rasa syukur, maka hati Juruselamat akan menjadi senang.

Utusan Kristus, yaitu mereka yag diutus-Nya sebagai pengganti-Nya, akan memiliki perasaan yang sama, minat sungguh-sungguh yang sama. Dan mereka yang terkena coba sehingga mengira bahwa pekerjaan mereka tidak dihargai, an cenderung menjadi putus asa, harus ingat bahwa Yesus harus menghadapi banyak hati yang keras, dan pengalaman yang lebih sulit dari pada yang pernah dialami orang lain. Ia mengajar orang banyak itu dengan kasih yang disertai kesabaran. Hikmat-Nya yang dalam dan menyelidiki itu mengetahui keperluan setiap jiwa di antara para pendengar-Nya; dan ketika Ia melihat mereka menolak pekabaran damai dan kasih yang dibawa-Nya serta diberikan kepada mereka, hati-Nya merasa sangat sedih.

Kita dapat menyebutkan sejumlahlah guru besar dunia dalam catatan sejarah manusia; tetapi Terang itu sudah ada sebelum mereka. Sebagaimana bulan dan bintang dalam tata surya bercahaya dengan pantulan terang matahari, maka sejauh pengajaran mereka benar adanya, begitulah ahli pikir besar dunia memantulkan cahaya Matahari Kebenaran. Setiap mutiara pemikiran, setiap kilasan kecerdasan, berasal ari Terang dunia itu.

Pelayan Injil, Hlm. 40-42

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: