• Meta

  • Arsip

  • Februari 2012
    M S S R K J S
    « Jan   Mar »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    26272829  

KRISTUS TELADAN KITA

Tuhan kita Yesus Kristus datang ke dunia ini sebagi pelayan yang tidak mengenal lelah atas keperluan manusia. Ia “memikul kelemahan kita dan menggung penyakit kita,” (Matius 8:17), Supaya Ia dapat melayani setiap keprluan manusia. Ia datang untuk melenyapkan beban penyakit dan kelemahan serta dosa. Tugasnyalah membawa pemulihan lengkap kepada manusia; Ia datang untuk memberi ereka kesehatan dan kedamaian serta kesempurnaan tabiat.

Pekerjaan juruselamat tidak terbatas pada suatu waktu atau tempat. Kasih sayangnya tidak mengenal batas. Ia melaksanakan pekerjaan-Nya pada skala yang begitu besar yakni penyembuhan dan mengajar sehingga tidak ada gedung di Palestina yang cukup besar untuk menampung orang banyak yang datang berbondong-bondong kepada-Nya.

Hidup-Nya adalah suatu kehidupan pengorbanan diri yang tetap. Ia tidak mempunyai rumah di dunia ini, kecuali sebagai kebaikan para sahabat yang menyediakan penginapan bagi-Nya sebagai seorang musafir. Ia datang untuk menghayati suatu kehidupan yang paling miskin demi keselamatan kita, dan berjalan serta bekerja diantara orang miskin dan yang menderita. Tidak dikenal dan tidak dihormati, Ia keluar masuk di antara orang untuk siapa Ia telah berbuat banyak.

Kristus dapat menduduki tempat tertinggi di antara guru bangsa Yahudi, tetapi Ia lebih suka membawa injil kepada orang miskin. Ia pergi dari satu tempat ke tempat yang lain, supaya mereka yang berada di jalan-jalan dan ladang-ladang dapat mendengar perkataan kebenaran. Di tepi laut, di lereng gunung, di jalan-jalan kota, di rumah sembahyang, suaranya terdengar menerangkan kitab suci. Sering ia mengajar di luar halaman kaabah, supaya bangsa lain dapat mendengar perkataan-Nya.

Kesederhanaan Pengajaran Kristus

Belum pernah seorang evangelis seperti Kristus. Dahulu Ia pemimpin Agung di surga, tetapi Ia merendahkan diri-Nya sendiri dengan mengenakan sifat kita, supaya Ia dapat menemui manusia dimana mereka berada. Kepada semua orang, kaya dan miskin, merdeka dan hamba, Kristus Sang Utusan perjanjian membawa kabar keselamatan.

Sebagai Raja para guru, Ia mencari jalan masuk kepada orang melalui celah pergaulan mereka yang paling lumrah. Ia membentangkan kebenaran dengan sedemian rupa sehingga selalu sesudahnya bagi para pendengar-Nya kebenaran itu dijalin dengan ingatan dan simpati mereka yang disucikan. Ia mengajar dengan satu cara yang membuat mereka merasakan kelengkapan pengenalan-Nya terhadap kepentingan dan kebahagiaan mereka. Nasehatnya begitu mengena, ilustrasinya begitu tepat, kata-katanya begitu bersimpati dan menggembirakan, sehingga para pendengar-Nya terpesona. Kesederhanaan dan kesunggu-sungguhan yang ditunjukkan-Nya kepada orang miskin, menyucikan setiap perkataan.

Kaya dan Miskin Sama

Alangkah sibuk kehidupan yang dicontohkan-Nya! Hari demi hari Ia dapat kelihatan memasuki rumah-rumah kumuh orang miskin dan susah,memberikan harapan kepada yag terbuang dan demi kesejahteraan kepada yang sengsara. Dengan penuh kemurahan, lemah lembut berbelas kasihan, Ia berkeliling mengangkut yang jatuh tersungkur dan menghibur yag berduka. Kemana saja ia pergi, Ia membawa berkat.

Sementara Ia melayani orang miskin, Yesus juga belajar mencari jalan untuk mencapai orang kaya. Ia berusaha berkenalan dengan orang Farisi yang kaya dan beradap, bangsawan Yahudi dan penguasa Roma. Ia menerima undangan mereka, serta membiasakan diri-Nya sendiri dengan kepentingan dan pekerjaan mereka supaya dapat memperoleh jalan masuk ke hati mereka, dan mengungkapkan kepada mereka kekayaan yang tidak dapat binasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: