• Meta

  • Arsip

  • Agustus 2011
    M S S R K J S
    « Jul   Okt »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  

TEMPERAMEN

Adalah temperamen seseoranglah yang membuat seseorang itu sangat lincah, atau pemalu. Anehnya, mungkin saja keduanya datang dari orang tua yang sama. Temperamen jugalah yang menyebabkan seseorang menyuka ikesenian atau musik sementara yang lain menyukai akan olahraga. Temperamen bukanlah satu-satunya hal yang mempengaruhi tingkah laku kita, sebab sejak masa kecil di rumah tangga, pendidikan, latihan dan mitivasi dalam hidup juga memberikan pengaruh yang besar terhadap tingkah laku kita dalam kehidupan. Namun temperamen memberikan pengaruh yang terbesar, sebab sama seperti warna mata, struktur tubuh, akan tetap terbawa selama dalam kehidupan; demian juga halnya dengan temperamen. Misalnya seorang yang ekstrovert (terbuka) akan tetap ekstrovert selama hidupnya. Demiakian juga dengan orang yang introvert (pendiam), mungkin saja ia menjadi lebih agresif, namun ia kana tetap sebagai seorangyang sifatnya pendiam selama umur hidupnya. Ia tidak akanpernah bisa diubah menjadi seorang yang ekstrovert.

Temperamen merupakan gabuangan dari ciri-ciri pembawaan yang secara tidak sadar mempengaruhi tingkah laku seseorang. Ciri-ciri iniditurunkan berdasarkan kebangsaan, ras, jenis kelamin dan faktor-faktor keturunan yang lain.

Teori temperamen pertama diberikan oleh hippocrates, bapak kedokteran, lebih dari 2400 tahun yang lalu, membagi manusia dalam empat kategori, Yaitu: sanguin, kolerik, melankolik, dan flegmatik. Tiap-tiap temperamen memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing yang berbeda dengan temperamen lainya.

Sumber: Komunikasi Keluarga Hlm 107

2 Tanggapan

  1. artikel yang menarik❗ salam kenal:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: